Hidup ini hanyalah sementara. Kehidupan yang kita jalani ini hanyalah sebuah kesempatan untuk mempersiapkan segala sesuatu guna menghadapi kehidupan setelah hidup ini. Jangan sia-siakan hidup ini, jalani kehidupan ini dengan penuh makna. Sekarang atau tidak sama sekali !!!

Sabtu, Agustus 08, 2009

NEGERI DI ATAS AWAN

Sekilas Pengalaman Kegiatan E-Mate Di Takengon
NEGERI DI ATAS AWAN
Project E-Mate 2009 telah selesai dilakukan, yaitu di Banda Aceh dan Takengon. Ketika pelaksanaa e-mate di Banda Aceh, biasa saja dan Alhamdulillah acaranya pun sukses besar. Namun ketika ikut program e-mate yang di Takengon, banyak sekali hal-hal yang sangat menarik dan bagus untuk diperhatikan. Acara E-mate 2009 di Takengon sangat lah tepat dilakukan mengingat sebagian besar para penduduk Takengon belum mengenal yang namanya computer. Dalam hal ini, e-mate bekerjasama dengan Syiah Kuala University-Banda Aceh, Gajah Putih University-Takengon dan Air Putih-Cab. Aceh. E-mate berhasil melaksanakan programnya di Takengon itu lantaran ada kerjasama yang baik antara semua pihak yang terlibat. Air putih yang merupakan lembaga social yang bergerak sendiri telah berhasil mengenalkan para mahasiswa Teknik Informatika-Universitas Gaja Putih computer dengan beroperasi system LINUX-Free Software. Uniknya lagi, semua mahasiswa tersebut sekarang menggunakan LINUX di komputernya bahkan staff pegawai pun menggunakan LINUX. Usaha Air Putih pun membuahkan hasil yang sangat bagus untuk kemajuan mahasiswa TI tersut. Sehingga mereka mampu mendirikan suatu perkumpulan yaitu PENGGUNA LINUX TAKENGON (PELITA) yang dibimbing oleh Air Putih. Salah satu tugas Air Putih adalah melakukan migrasi dari windows ke LINUX. Sampai saat ini, PELITA telah berhasil membantu Air Putih dalam melakukan migrasi pada Kantor di Takengon. Sebanyak 18 Kantor di Takengon telah memakai LINUX, dan DISHUB dan Dinas Sosial telah 90% memakai LINUX. Semula anggota PELTA berjumlah 5 orang, sekrang sudah mencapai 50 orang lebih. PELITA berhasil mendapatkan fasilitas internet dari SPEEDY TELKOM. Setiap minggu, PELITA mengajarkan computer di sekolah TANPA DIBAYAR SEPESERPUN. Apalagi PELITA telah berhasil bekerjasama dengan E-MATE dan berbuah hasil yang sangat luar biasa. Insyaallah tahun depan E-MATE akan datang lagi ke Takengon.

Selain acara pelatihan komputer, juga ada schedule jalan-jalan atau tour di Takengon. Sungguh menyenangkan Kota Takengon sampai2 lupa mandipun tidak jadi soal, lantaran dinginnya minta ampun. selama 3 hari, acara tour di Takengon. Asyoiiiiiik, ditambah lagi orang2nya sangat baik dan lucu2.
Dua mahasiswa, perwakilan Unsyiah bersiap2 untuk Tour (Aroel & Basrul)
Lagi pantau danau laut tawar(basrul)




Lagi ambil main air danau laut tawar(aroel)




Di atas salah satu gunung A. Tengah, kota takengon nampak seperti kotak2 kecil
lagi nyantai di Paking Wisata Takengon, Indah Betul, ditengah kami, pak Zul yang pandu kami jalan2
Pemandian air panas, sangat panas airnya
















Gambar itu dikantor DISHUB, A.Tengah. Lagi melihat struktur kota takengon dan pariwisatanya
Lagi berebut, foto, maklum
Makan ubi rebus dengan air tebu, only in Takengon. Enaaaaaaaaaak
Habis makan, ubi rebus dalam air gula, yang lagi makan tu telat makan, enaaaak juga ya
Gak berani pegang, liar sih kudanya.
2. Sekilas Kabupaten Aceh Tengah
Berikut sedikit banyak tentang Takengon.
Sumber : www.aped-project.org/.../Peta%20Agrobisnis.jpg
Aceh Tengah adalah salah satu kabupaten yang berada persis dijantung Provinsi Nanggro Aceh Darussalam. Tinggi rata-rata 200-2600 Km diatas permukaan laut. Sedangkan batas wilayahnya, sebelah utara berbatasan dengan Kab. Bener Meriah, Kab. Aceh Utara, sebelah selatan berbatasan dengan Kab. Aceh Selatan, sebelah timur berbatasan dengan Kab. Aceh Barat dan Pidie. Topografi alam yang berlembah-lembah, berbukit-bukit, hutan yang lebat, perkebunan kopi yang terhampar luas, danau yang indah, udara yang sejuk dan masyarakat yang multicultural, agama yang majemuk dan masyarakat yang ramah terasa kental di Aceh Tengah. Panorama yang cantik serta hamparan daratan yang menghijau sepanjang mata memandang seakan membawa diri yang melihatnya di atas awan.
3. Wisata alam
a. Danau laut tawar
Aceh Tengah memiliki sebuah danau dan merupakan danau terbesar di Nanggroe Aceh Darussalam. Luasnya sekitar 5.187 Ha yang letaknya sebelah timur kota Takengon. Pemandangan alamnya yang cukup indah. Di sekililing danau terletak empat gua yang memiliki legenda sejarah sendiri-sendiri, yaitu legenda PUTERI PUKES / LOYANG SEKAM yang sampai sekarang masih menjadi batu, legenda PUTERI IJO yang sampai sekarang menjadi ular ijo yang hidup di danau, legenda LOYANG PERUPI atau GUA ULAR, dan legenda LOYANG KORO. Di samping danau terdapat beberapa tempat wisata seperti Ujung Paking, Pantai Menye, Mepar, Ujung Sere, Ujung Nunang dan lainnya.
sumber: acehlibrary.net/.../04/laut-tawar-cover1.jpg
2. Pantai Menye
Pantai menye (pantai manja) menjadi salah satu obyek wisata menarik. Pantai ini tidak saja indah tetapi juga eksotik pantai menye ini membentang dari selatan ke utara sepanjang kurang lebih 1 km. pemandangan sekitarnya yang sangan indah.
sumber: visitaceh.com/.../357067974_822008_13628.JPG
3. Pantan terong
Pantan terong ini merupakan salah satu sudut lokasi wisata yang berada dipuncak bukit dataran tinggi gayo yang memiliki panorama yang sangat indah.
sumber:visitaceh.com/visitaceh/foto_wisata/Pantan%20..
4. Wisata budaya
a. Goa puteri pukes
Goa puteri pukes merupakan salah satu obyek wisata yang berada dipinggiran sebelah utara danau laut tawar. Orang yang datang ke goa ini tidak saja ingin menikmati alamnya tetapi juga mendengarkan kembali cerita yang cukup hebat itu.
visitaceh.com/.../1-1_2122007_12110.jpg
b. Legenda Loyang datu
Loyang datu merupakan sebuah legenda yang dikisahkan secara turun temurun yang selalu menarik dari generasi ke generasi lainnya.
sumber: balarmedan.files.wordpress.com/2008/06/061808..
c. Makam raja linge
Makam raja linge terletak di kecamatan linge 70 km dari ibu kota kabupaten ini. Kerajaan linge merupakan salah satu kerajaan tua di aceh. Dilingkungan makam raja linge ini ada rumah pitu ruang (rumah yang memiliki tujuh pintu ruang) dan sebuah sumur tua yang airnya tidak pernah kering sepanjang waktu.
sumber visitaceh.com/visitaceh/foto_wisata/Makam%20R...
5. Agrowisata
a. Kopi gayo
Kopi menjadi komoditi ekonomi unggulan negeri di atas awan ini. Lereng-lereng dan lembah bukit diselimuti hamparan luas perkebunan kopi menghijau. Jenis kopi arabika dan robusta. Saat ini menurut data yang ada luas area perkebunan kopi rakyat mencapai 73.460 Ha.
sumber: exgawillsurvive.files.wordpress.com/2008/03/g..
sumber :imagehost.ngobrolaja.com/files/misamisa/kopi2.jpg
b. Kebun nenas
Hasil bumi lain yang dapat dinikmati adalah nenas. Perkebunan nenas ini terhampar dilembah dan perbukitan di daerah kecamatan.
sumber :www.theglobejournal.com/image/nenas.jpg
c.Pabrik Gula Tebu
Selain kopi, di Aceh Tengah terdapat juga banyak tanaman tebu . Kemudian tebu tersebut diolah menjadi gula. Hasilnya lumayan bagus. cuma pabriknya masih tradisional.
Dua mahasiswa Syiah Kuala University, Basrul dan Aroel lagi melakukan survey
6. Wisata religi
Keragaman agama di dataran tinggi gayo masih dijunjung tinggi walaupun mayoritas penduduk gayo adalah muslim.
7. Even tahunan
Setiap tahun dikabupaten aceh tengah diadakan agenda even tahunan, seperti pacuan kuda tradisional, didong, lomba tarik tambang perahu, lomba perahu, pepongoten dan syair, dll.
Balapan kuda di Aceh Tengah
sumber: visitaceh.com/visitaceh/foto_wisata/Kuda%20ga..
sumber: kfk.kompas.com/.../budaya-diatas-panggung.jpg
Selain itu, masih banyak hal-hal lain yang menarik di Aceh Tengah. Untuk lebih jelasnya anda bisa berkunjung langsung ke Takengon-Aceh Tengah hanya 3 jam dari Bireuen.
Sumber : Pusat informasi pariwisata dinas perhubungan kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga kabupaten aceh tengah.



4 komentar:

  1. Mantap bang...kalau kawannya pas semua lancar ya kan!!!

    He he he...

    BalasHapus
  2. Ya betul.. mantap ni.. ada sedikit perbaikan, yang bertanggung jawab untuk migrasi dari windows ke Linux air putih, PELITA cuma bantu dan yang sudah di Migrasi sebanyak 18 Dinas, untuk Dinas Perhubungan dan Sosial jumlah komputer yang di Migrasi lebih dari 90%.

    Paken poto yang teungoh mekrepe ok ka lage boh drien yang ka pilih ha...ha... paleh that kah

    BalasHapus
  3. Watee ku kalen ulang ken lagee boh drien... tapi lebih mirip lagee aneuk mamplam teu piep.
    Jamen watee hawa ke boh maplam tingai peu pe gelawa u cung bak maplam guru Bakaa, oh ka rhet karena hana sikin yeh ngon babah

    BalasHapus
  4. Bagus banget tempatnya, q jadi pengen kstu, q juga punya temen dstu,heeee....salam ja bwt ima

    BalasHapus